Minggu, 25 Agustus 2019

TIPS BERANGKAT KEPULAU TIDUNG DARI KARAWANG (Backpacker Tips)

Hai Sobat Traveler,

Kali ini RDV Travel & Tour akan sharing nie terkait "cara berpergian ke pulau tidung kepulauan seribu" dengan titik keberangkatan dari kota Karawang. Dimana banyak sekali yang menanyakan kepada saya cara berpergian ke pulau tidung dengan ala back packer atau dengan biaya yang murah.

Oke, sebelum kita berangkat ke Pulau TIdung. Kita harus tau terlebih dahulu apakah disana kita akan berpergian nya pada saat hari libur nasional atau di hari biasa. Karena nanti akan mempengaruhi keberangkatan ke pulau tidung dari pelabuhan kali adem. Sebagai contoh, kalau kita pergi saat libur nasional atau libur panjang, jumlah pengunjung akan sangat banyak dan tiket kapal pun akan laris terjual dan kemungkinan kita berebutan tiket pun akan semakin besar. Karena untuk saat ini hanya beberapa kapal tradisional yang melakukan penyembrangan dari pelabuhan kali adem ke pulau tidung, dan 1 kapal pun terbatas untuk jumlah penumpang nya. Dan juga ada kapal cepat juga disana, tapi kita harus beli tiket nya secara online min 1 hari sebelum keberangkatan ke pulau tidung. Nah kita tinggal pilih tuh kapan kita akan berangkat.

Nah kalau kita sudah menentukan kapan kita akan pergi ke pulau tidung, tinggal kita pilih nie menggunakan apa kita dari karawang ke pelabuhan kali adem. Ada beberapa option keberangkatan dari karawang menuju pelabuhan kali adem.

1. Kendaraan pribadi (Mobil & Motor)
2. Kereta
3. Travel

Kita akan bahas satu persatu,

Ø  Kendaraan Pribadi
Mengunakan kendaraan pribadi memang sangat mudah dan simple untuk kita pergi dari karawang ke pelabuhan kali adem. Sebagai contoh kalau kita berpergian dengan menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil. Ada beberapa biaya yang harus kita keluarkan bila kita menggunakan kendaraan pribadi untuk ke pelabuhan kali adem.
1.       Uang Bensin
2.       Uang TOL
3.       Uang Parkir Mobil
Dimana untuk uang tersebut kita bisa mengeluarkan kurang lebih sekitar 200ribu rupiah. Nah untuk waktu keberangkatan nya dengan menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa start dari karawang pada saat jam 3 pagi. Di karenakan kita harus bisa tiba disana sebelum jam 6 pagi, karena kita harus bisa mendapatkan tiket kapal, agar tidak kehabisan pada saat mengantrinya.

Beda hal nya kalau kita menggunakan kendaraan pribadi dengan sepedah motor, kita hanya menggeluarkan biaya uang bensin saja. Tapi kita harus memiliki cukup stamina dan kita harus melawan udara pagi yang sangat dingin. Belum lagi kalau kita berangkat pukul 3 pagi, daerah yang akan kita lewati amat sangat rawat tindakan krimilal. Jadi untuk keberangkatan dengan sepedah motor tidak amat saya anjurkan. Karena ada beberapa hal yang harus di perhatikan untuk keselamtan kita.

Ø  Kereta
Menggunakan kereta memang simpel untuk saat ini dan untuk harga tiketnya pun sangat terjangkau untuk orang yang ingin ke pulau tidung dengan cara backpacker. Dengan harga tiket yang sangat murah dan terjangkau, kita pun harus bisa mengikuti jadwal yang sudah disediakan oleh pihak PT KAI. Dimana kalau kita memilih berpegian menggunakan kereta untuk ke pelabuhan kali adem. Maka kita harus pergi satu hari sebelumnya. Contoh bila kita ingin ke pulau tidung dan berangkat pada hari sabtu, maka kita harus berangkat pada jumat sore menggunakan kereta jurusan Jakarta. Nah saat ini untuk berpergian ke Jakarta menggunakan kereta kita bisa naik di stasiun yang ada di daerah karawang, contoh stasiun karawang kota. Jadwal keberangkatan dari stasiun karawang kota paling sore itu pukul 15.20, dengan harga tikt Rp 6.000,- murah kan. Oke kita lanjut, setelah kita berangkat pada sore hari dengan mengunakan kereta, maka kita nanti harus turun di stasiun tanjung priuk pada pukul 17.14. Nah dari stasiun tanjung priuk kita bisa menggunakan layanan ojek online untuk ke pelabuhan kali adem, dengan menggunakan ojek online kita akan mengeluarkan biaya sekitar 41ribu rupiah, tapi kita sudah akan di antar sampe depan pintu masuk pelabuham kali adem. Dan kalau dengan menggunakan kerata api kita harus menyiapkan perlengkapan lebih, karena kita akan bermalam di pelabuhan kali adem tersebut.

Ø  Travel
Nah untuk yang satu ini kita tidak harus pusing-pusing untuk memikirkan rute keberangkatan dan juga biaya yang lain nya. Karena dengan menggunakan travel kita sudah terima bersih biaya sewa antar jemput dari karawang ke pelabuhan kali adem. Kita hanya mengeluarkan biaya travel untuk antar dan jemput kita dan uang TOL. Dan untuk orang yang ingin backpacker untuk satu ini pasti bukan opsi yang bagus, karena akan menghabiskan biaya yang lumayan cukup besar. Tapi untuk orang yang pengen simple dan nyaman untuk berpergian ini adalah salah satu option pilihan untuk berpergian

Oke kita lanjut ya, setelah kita sudah memilih dengan apa kita berangkat dari karawang menuju pelabuhan kali adem. Dan saat ini kita akan bahas bagaimana kita akan berangkat dari pelabuhan kali adem menuju pulau tidung.
"Setelah kita sampai di pelabuhan kali adem, dan waktu sudah menunjukan pukul 6 pagi. Kita harus sigap untuk memastikan loket pembelian tiket sudah buka atau mengantri di dekat loket pembelian tiket kapal penyebrangan dari kali adem ke pulau tidung. Kita bisa menggunakan kapal fery tradisional atau menggunakan kapal cepat. Untuk kapal fery tradisional kita bisa langsung beli di loket tiket yang ada di pelabuhan kali adem dengan biaya sebesar 50ribu rupiah, tapi untuk tiket kapal cepat kita harus melakukan pembelian tiket secara online minimal 1 hari sebelum keberangkatan kita, dengan harga tiket kapal cepat sebesar 100ribu rupiah. Nah kita tinggal pilih ingin menggunakan kapal apa untuk menuju ke pulau seribu, dengan estimasi waktu sebagai berikut. Kapal fery tradisional waktu tempuh dari pelabuhan kali adem sekitar 3 jam perjalanan, sedangkan untuk kapal cepat waktu tempuh dari pelabuhan kali adem ke pulau tidung sekitar 1 jam perjalanan."

Nah dari pada sobat traveler pusing dan tidak mau susah dengan segala macam urusan mulai dari keberangkatan, tiket penyebrangan, tempat menginap, makan selama disana, dan segala macan keperluan di pulau tidung bisa menggunakan jasa travel & tour. Oleh karena itu RDV Travel & Tour menawarkan berbagai paket terbaik untuk di pilih. RDV Travel & Tour memiliki pengalaman terbaik dalam hal melakukan perjalanan dari Karawang ke pulau Tidung.

Untuk infomasi lebih lanjut bisa hubungi RDV Travel & Tour untuk menikmati segala fasilitas yang disediakan oleh kami.