Sabtu, 23 Maret 2019

AWAL NAMA PULAU TIDUNG


Hai sobat RDV-Travel….

Kali ini kita akan mengulas tentang sebuah nama pulau yang sudah tidak asing kita dengan, yupz apalagi kalau bukan “PULAU TIDUNG”.

Sebenernya RDV-Travel sudah pernah membuat artikel sebelumnya “Baca : Mengenal Sejarah Pulau Tidung”, tapi disini saya akan mencoba mengungkapkan secara detail tentang “Awal Nama Pulau Tidung”. Yah kali ini RDV akan mengulas semua tentang awal mula dari nama pulau tidung.

Ya tidak susah untuk menemukan atau mendengar nama sebuah pulau yang letak nya tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta. Pulau Tidung, yah pulau ini termaksud dalam wilayah kepulauan seribu. Untuk menuju kesana, kita hanya perlu melakukan perjalanan dengan speedboat atau kapal feri dari pelabuhan kali adem dengan durasi 2-3 jam perjalanan menuju pulau tidung.

Ternyata dari sebuah ketenaran Pulau Tidung ini, banyak yang tidak tahu akan asal-usul pulau tidung ini yang luasnya kurang lebih 109 hektar ini. Konon pada jaman penjajahan belanda di Indonesia, pulau tidung ini identik sebagai tempat pengasingan orang-orang yang pernah membangkang pada masa penjajahan belanda, atau sebagai tempat pembuangan bagi para pemberontak.

Kerjaan Kalimantan Timur Awal nama Pulau Tidung

Dahulu kala terdapat sebuah kerajaan di daerah Kalimantan Timur, yang dimana kerjaan tersebut di pimpin oleh seorang raja yang bernama Raja Pandita, nama kerajaan tersebut pernama Kerajaan Tidung. Kerajaan tersebut sudah ada sejak tahun 1076-1156. Pada saat itu kerajaan tersebut dikenal dengan sebagai kerjaan Tidung Kuno. Pada tahun 1557 inilah pertama kalinya pemerintahan Belanda datang ke Malinau. Dan pada saat itu Belanda mendapatkan perlawanan berat terutama dari kerajaan Tidung. Dimana pada saat itu kerjaaan tersebut melakukan perlawanan terhadap penjajahan belanda yang di pimpin langsung oleh sang raja Pandita. Tapi dalam peperangan tersebut raja Pandita mengalami kekalahan, dan di asingkan di pulau yang dahulu belum memiliki nama (Pulau Tidung).

Pada saat diasingkan di pulau tersebut, raja Pandita memilih menggunakan nama Kaca saat pengasingan di pulau tersebut, nama Kaca tersebut adalah nama panggilannya saat beliau masih kecil, sebelum di kenal sebagai Pandita. Selama pengasingan penduduk yang berada di pulau tersebut tidak mengetahui kalau Kaca adalah seorang raja yang kharismatik dan berwibawa. Kaca pun membaur dengan masyarakat pulau tersebut dan meninggalkan gelarnya sebagai seorang raja. Karena itu masyarakat setempat sama sekali tidak mengetahui identitas asli dari Kaca dan menganggapnya sebagai masyarakat biasa sampai akhir hayatnya.

Beberapa saat kemudian keluarga kerajaan Tidung datang mencari raja Pandita, dan pada saat itulah diketahui oleh warga tidung kalau Kaca adalah seorang raja terkenal dari Malinau. Dan karena ingin menghormati dan mengucapkan terima kasih atas jasa beliau, maka pulau kecil ini dinamakan sebagai Pulau Tidung hingga saat ini.


Dan hingga saat ini, makam dari raja Tidung tersebut masih terjaga kebersihannya di tengah pulau tidung. Masyarakat sekitar sangat bangga karena pulaunya menjadi bagian dari sejarah kerajaan besar yaitu kerajaan TIdung. Jika kita ingin melihat langsung makam dari seorang raja dari sebuah kerajaan yang mengharumkan bangsa Indonesia karena menenrang dan melakukan perlawanan kepada Belanda.

Bila Sobat RDV Travel ingin merasakan keseruan seperti di atas, bisa hubungi kami, RDV Travel Karawang. Di jamin kalian menemukan pengalaman yang berbeda dengan Paket Wisata Pulau Tidung yang lain.

Di RDV Travel Karawang pun menyediakan berbagai Paket Wisata atau Tour dan berbagai penawaran terbaik yang RDV Travel punya. Bila ada request Special Travel & Tour bisa kami bantu siapkan untuk memenuhi kebutuhan sobat RDV Travel Karawang.

" Paket Wisata Pulau Tidung by RDV - Travel "

Sampai Jumpa di Artikel Selanjut nya

Best Regard
RDV Travel Karawang


Cara pemesanan :
Hotline : 081386112415
Whatsapp : 082111338987
Email :
rdvtravel12@gmail.com
riz_q_ok@yahoo.com

Artikel Terkiat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar