Minggu, 25 Agustus 2019

TIPS BERANGKAT KEPULAU TIDUNG DARI KARAWANG (Backpacker Tips)

Hai Sobat Traveler,

Kali ini RDV Travel & Tour akan sharing nie terkait "cara berpergian ke pulau tidung kepulauan seribu" dengan titik keberangkatan dari kota Karawang. Dimana banyak sekali yang menanyakan kepada saya cara berpergian ke pulau tidung dengan ala back packer atau dengan biaya yang murah.

Oke, sebelum kita berangkat ke Pulau TIdung. Kita harus tau terlebih dahulu apakah disana kita akan berpergian nya pada saat hari libur nasional atau di hari biasa. Karena nanti akan mempengaruhi keberangkatan ke pulau tidung dari pelabuhan kali adem. Sebagai contoh, kalau kita pergi saat libur nasional atau libur panjang, jumlah pengunjung akan sangat banyak dan tiket kapal pun akan laris terjual dan kemungkinan kita berebutan tiket pun akan semakin besar. Karena untuk saat ini hanya beberapa kapal tradisional yang melakukan penyembrangan dari pelabuhan kali adem ke pulau tidung, dan 1 kapal pun terbatas untuk jumlah penumpang nya. Dan juga ada kapal cepat juga disana, tapi kita harus beli tiket nya secara online min 1 hari sebelum keberangkatan ke pulau tidung. Nah kita tinggal pilih tuh kapan kita akan berangkat.

Nah kalau kita sudah menentukan kapan kita akan pergi ke pulau tidung, tinggal kita pilih nie menggunakan apa kita dari karawang ke pelabuhan kali adem. Ada beberapa option keberangkatan dari karawang menuju pelabuhan kali adem.

1. Kendaraan pribadi (Mobil & Motor)
2. Kereta
3. Travel

Kita akan bahas satu persatu,

Ø  Kendaraan Pribadi
Mengunakan kendaraan pribadi memang sangat mudah dan simple untuk kita pergi dari karawang ke pelabuhan kali adem. Sebagai contoh kalau kita berpergian dengan menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil. Ada beberapa biaya yang harus kita keluarkan bila kita menggunakan kendaraan pribadi untuk ke pelabuhan kali adem.
1.       Uang Bensin
2.       Uang TOL
3.       Uang Parkir Mobil
Dimana untuk uang tersebut kita bisa mengeluarkan kurang lebih sekitar 200ribu rupiah. Nah untuk waktu keberangkatan nya dengan menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa start dari karawang pada saat jam 3 pagi. Di karenakan kita harus bisa tiba disana sebelum jam 6 pagi, karena kita harus bisa mendapatkan tiket kapal, agar tidak kehabisan pada saat mengantrinya.

Beda hal nya kalau kita menggunakan kendaraan pribadi dengan sepedah motor, kita hanya menggeluarkan biaya uang bensin saja. Tapi kita harus memiliki cukup stamina dan kita harus melawan udara pagi yang sangat dingin. Belum lagi kalau kita berangkat pukul 3 pagi, daerah yang akan kita lewati amat sangat rawat tindakan krimilal. Jadi untuk keberangkatan dengan sepedah motor tidak amat saya anjurkan. Karena ada beberapa hal yang harus di perhatikan untuk keselamtan kita.

Ø  Kereta
Menggunakan kereta memang simpel untuk saat ini dan untuk harga tiketnya pun sangat terjangkau untuk orang yang ingin ke pulau tidung dengan cara backpacker. Dengan harga tiket yang sangat murah dan terjangkau, kita pun harus bisa mengikuti jadwal yang sudah disediakan oleh pihak PT KAI. Dimana kalau kita memilih berpegian menggunakan kereta untuk ke pelabuhan kali adem. Maka kita harus pergi satu hari sebelumnya. Contoh bila kita ingin ke pulau tidung dan berangkat pada hari sabtu, maka kita harus berangkat pada jumat sore menggunakan kereta jurusan Jakarta. Nah saat ini untuk berpergian ke Jakarta menggunakan kereta kita bisa naik di stasiun yang ada di daerah karawang, contoh stasiun karawang kota. Jadwal keberangkatan dari stasiun karawang kota paling sore itu pukul 15.20, dengan harga tikt Rp 6.000,- murah kan. Oke kita lanjut, setelah kita berangkat pada sore hari dengan mengunakan kereta, maka kita nanti harus turun di stasiun tanjung priuk pada pukul 17.14. Nah dari stasiun tanjung priuk kita bisa menggunakan layanan ojek online untuk ke pelabuhan kali adem, dengan menggunakan ojek online kita akan mengeluarkan biaya sekitar 41ribu rupiah, tapi kita sudah akan di antar sampe depan pintu masuk pelabuham kali adem. Dan kalau dengan menggunakan kerata api kita harus menyiapkan perlengkapan lebih, karena kita akan bermalam di pelabuhan kali adem tersebut.

Ø  Travel
Nah untuk yang satu ini kita tidak harus pusing-pusing untuk memikirkan rute keberangkatan dan juga biaya yang lain nya. Karena dengan menggunakan travel kita sudah terima bersih biaya sewa antar jemput dari karawang ke pelabuhan kali adem. Kita hanya mengeluarkan biaya travel untuk antar dan jemput kita dan uang TOL. Dan untuk orang yang ingin backpacker untuk satu ini pasti bukan opsi yang bagus, karena akan menghabiskan biaya yang lumayan cukup besar. Tapi untuk orang yang pengen simple dan nyaman untuk berpergian ini adalah salah satu option pilihan untuk berpergian

Oke kita lanjut ya, setelah kita sudah memilih dengan apa kita berangkat dari karawang menuju pelabuhan kali adem. Dan saat ini kita akan bahas bagaimana kita akan berangkat dari pelabuhan kali adem menuju pulau tidung.
"Setelah kita sampai di pelabuhan kali adem, dan waktu sudah menunjukan pukul 6 pagi. Kita harus sigap untuk memastikan loket pembelian tiket sudah buka atau mengantri di dekat loket pembelian tiket kapal penyebrangan dari kali adem ke pulau tidung. Kita bisa menggunakan kapal fery tradisional atau menggunakan kapal cepat. Untuk kapal fery tradisional kita bisa langsung beli di loket tiket yang ada di pelabuhan kali adem dengan biaya sebesar 50ribu rupiah, tapi untuk tiket kapal cepat kita harus melakukan pembelian tiket secara online minimal 1 hari sebelum keberangkatan kita, dengan harga tiket kapal cepat sebesar 100ribu rupiah. Nah kita tinggal pilih ingin menggunakan kapal apa untuk menuju ke pulau seribu, dengan estimasi waktu sebagai berikut. Kapal fery tradisional waktu tempuh dari pelabuhan kali adem sekitar 3 jam perjalanan, sedangkan untuk kapal cepat waktu tempuh dari pelabuhan kali adem ke pulau tidung sekitar 1 jam perjalanan."

Nah dari pada sobat traveler pusing dan tidak mau susah dengan segala macam urusan mulai dari keberangkatan, tiket penyebrangan, tempat menginap, makan selama disana, dan segala macan keperluan di pulau tidung bisa menggunakan jasa travel & tour. Oleh karena itu RDV Travel & Tour menawarkan berbagai paket terbaik untuk di pilih. RDV Travel & Tour memiliki pengalaman terbaik dalam hal melakukan perjalanan dari Karawang ke pulau Tidung.

Untuk infomasi lebih lanjut bisa hubungi RDV Travel & Tour untuk menikmati segala fasilitas yang disediakan oleh kami.

Salam Traveler

RDV Travel & Tour

Selasa, 23 Juli 2019

PAKET HEMAT PULAU TIDUNG DARI KARAWANG

~Hai Sobat Traveller~

Kali ini RDR-Travel & Tour punya paket hemat nie. Dimana paket hemat ini keberangkatannya dari karawang (di jemput dari rumah dan di antar ke pelabuhan dan pulang nya juga).

Kali ini paket nya terbilang hemat loh sobat traveller. Dari segi waktu dan biaya sangat sesuai lah dengan yang di tawarkan oleh RDV_Travel & Tour

PAKET HEMAT WISATA PULAU TIDUNG DARI KARAWANG - PP

1. Transportasi dari Karawang ke Pelabuhan Kali Adem PP
  2. Tiker Kapal PP
  3. Penginapan AC
  4. Makan 3 kali (2 Hari 1 Malam), 6 kali (3 Hari 2 Malam)
  5. Sepedah selama di pulau tidung
  6. Asuransi Jasa Raharja
# Bonus :
  • Jalan-jalan ke Pantai Barat
  • Jalan-jalan ke Jembatan Cinta
  • Jalan-jalan ke Pulau Tidung Kecil
  • Spanduk bertuliskan nama group/ rombongan dan Barbeque (minimal 50 orang)
Nb :
- Semua bonus bersifat optional
- Parkir sepedah selama di Pulau Tidung diluar harga paket

Sabtu, 01 Juni 2019

WISATA KOTA GARUT

ADA APA SAJA DI KOTA GARUT JAWA BARAT

Hai sobat RDV-Travel & Tour

Kali ini RDV akan membahas hal yang berhubungan dengan Kota Garut.

Ya kota Garut, siapa yang tidak mengenal kota satu ini! Yang terletak di provinsi jawa barat. Dimana kota garut ini terkenal dengan salah satu cirri khasnya, yaitu Dodol Garut. Tapi disini team RDV tidak akan membahas tentang makanan khas tersebut, tapi lebih apa saja yang harus di kunjungi dan dicicipin selama di kota garut ini.

Kota Garut ini terkenal memang dengan makanan khasnya seperti dodol, tetapi ternyata ada banyak hal yang bisa kita temukan di kota garut tersebut. Team RDV sudah beberapa kali berkunjung ke kota garut tersebut, ada ada beberapa hal yang wajib atau bisa di kunjungi selama sobat RDV berkunjung kesana.
Berikut hal yang harus dikunjungi selama di kota garut :

1. Kue Balok
Yupz siapa yang tidak kenal kue balok yang menjadi salah satu makanan khas kota garut ini, kue balok ini emang seperti kue pukis, tapi ada perbedaannya antara lain bentuk dan ukuran dari kue balok tersebut. Selama berada disana, team RDV tidak luput dari makanan khas tersebut. Di tambah faktor cuaca yang terbilang sejuk dan dingin, sehingga membuat makan kue balok tersebut terasa nikmat. Apalagi ada cirri khas lain dari kue balok tersebut, yaitu dimakan setengah mateng atau bahasa garutnya ngabucai. Kita akan merasakan sensasi yang berbeda saat kita memakan kue balok ini dan di temanin dengan segelas kopi atau teh manis hangat. Terasa nikmat dan memiliki sensasi yang mantab. Kue balok ini bisa di jumpai di daerah Leles dan kadungngora, karena banyak terdapat disana. Dan untuk harganya relative murah dan terjangkau. Team RDV saja terkadang wajib membawa oleh-oleh kue balok tersebut.

2. Tempat Pengrajin Kulit
Nah untuk yang satu ini mungkin sobat RDV juga tidak asing dengan sentra pengrajin kulit di garut. Banyak sekali pengrajin kulit garut yang sudah menyebar ke berbagai penjuru di Indonesia, bahkan ada yang sampai ke luar negri juga. Team RDV mencoba datang kesebuah tempat dimana disana banyak terdapat pengrajin kulit olahan. Tempatnya tidak jauh dari kota garut. Sukaregang nama daerahnya, dimana disana terdapat banyak pengrajin kulit olahan, mulai dari yang masih tradisional bahkan sudah menjadi modern untuk cara pengolahannya. Saat team RDV berkunjung kesana, ternyata banyak sekali barang yang dijual disana, mulai dari jaket, sepatu, tas, ikat pinggang, dompet, dll. Bahkan ada yang berbahan asli kulit dan ada yang semi kulit, bahkan juga ada yang berbahan sintetis. Dan harganya pun relatif, mulai dari yang termurah 100rb sampai yang bernominal jutaan rupiah, tergantung dari bahan dan modelnya.

3. Kerupuk Kulit
Yupz untuk olahan yang satu ini masih berhubungan dengan olahan kulit. Bedanya olahan ini bukan berbentuk tas, jaket, atau yang lainnya. Tapi untuk olahan yang satu ini berbentuk kerupuk kulit. Ya siapa yang tidak mengenal kerupuk kulit? Pasti sobat RDV sering mendengar bahkan memakan kerupuk kulit ini. TAPI….. untuk kerupuk kulit yang berada di garut ini berbeda dengan kerupuk kulit yang biasa sobat temukan di warung atau di tempat makan di daerah sobat RDV. Menurut kami olahan kerupuk kulit ini sangat enak dan berbeda dengan olahan kerupuk kulit yang ada di sekitar sobat RDV. Mungkin karena bentuk dan rasanya bermacam-macam dan itu menurut kita sangat enak semua. Dan ini salah satu item yang wajib kita bawa sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang kerumah. Kerupuk kulit ini mudah dijumpai di tempat oleh-oleh di garut.

4. Pantai Santolo Garut
Pantai Santolo ini mungkin salah satu poin wajib untuk kita kunjungi selama berada di kota Garut. Karena selain dari pantai yang bagus dan juga indah, akses menuju pantai santolonya pun tidak kalah bagus dan keren loh sobat RDV. Karena bila kita ingin menuju pantai santolo ini, kita akan disuguhi dengan keindahan pegunungan serta kebun teh yang terdapat disepanjang jalan. Dan tidak kalah kerennya lagi, jalan yang kita akan lewati berliku-liku serta ditambah pemandangan yang indah. Team RDV saat pergi ke pantai santolo saat menjelang sore, dan banyak kabut di sepanjang jalan, dan itu menambah suasa indah nan keren saat perjalanan. Tapi untuk sobat RDV semua, bila ingin berpergian ke pantai santolo. Alangkah baiknya kalau memeriksa terlebih dahulu kendaraannya, pastikan dalam kondisi fit atau sehat kendaraannya. Agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan selama perjalanan ke pantai santolo tersebut.

5. Gunung Papandayan

Yupz destinasi yang satu ini cukup bagus untuk dikunjungi juga bersama keluarga. Karena tempat yang relatif tidak harus memiliki skill atau kemampuan mendaki dan akses yang gampang untuk menuju kesana. Disana kita akan dapat menemui kebun bunga edelweiss. Dan masih banyak lagi hal yang bisa kita temui disana.

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kita kunjungi selama berada di kota garut ini. Mulai dari kota garut, kuliner di garut, bahkan restoran yang ada di garut dengan banyak menawarkan fasilitas dan rasa masakannya yang berbeda juga tentunya. Serta masih banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi juga disana, yang menawarkan berbagai keindahan alam khas pegunungan. Dan yang pasti suasana atau kondisi suhu disana yang sangat sejuk dan juga dingin, yang membuat siapapun betah berlama-lama di kota garut ini.

Semoga apa yang team RDV ulas ini bermanfaat untuk sobat RDV dan menjadikan salah satu kota garut untuk tempat berlibur keluarga dan rekan bisnis. Atau bahkan mungkin ada yang ingin mencoba keberuntungan untuk berinvestasi di kota garut ini.

Salam Sukses

RDV-Trave & Tour

Rabu, 27 Maret 2019

CERITA JEMBATAN CINTA

Hai sobat RDV-Travel

Kali ini kita akan mencoba membahas tentang salah satu icon wisata yang terkenal di Pulau Tidung ini, Yupzzz apa lagi kalau bukan “Jembatan Cinta di Pulau Tidung”.

Ada cerita unik di Jembatan Cinta yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung kecil. Dimana terdapat sebuah mitos yang cukup terkenal, dimana jika kita melompat dari atas jembatan cinta ini, kita bias mendapatkan jodoh dan cintanya awet.

Jembatan Cinta adalah salah satu icon wisata di pulau tidung ini, dimana banyak kegiatan yang di lakukan baik oleh warga sekitar atau bahkan oleh para wisata yang datang berkunjung kesana. Di beberapa moment liburan nasional pun banyak acara yang di lakukan di area Jembatan Cinta ini, contoh nya pada saat pergantian tahun. Saat pergantian tahun di pulau tidung sangat lah rame karena banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau tidung, mereka sengaja berwisata ke pulau tidung untuk merasakan pergantian tahun disana. Jembatan Cinta tidak kalah indah dan menarik saat pergantian tahun, karena ada berbagai acara disana dan yang paling dinanti oleh parawa wisatawan adalah malam puncak pergantian tahun, karena di jembatan cinta ada acara kembang api yang di lakukan rutin disana, di tambah warna warni dari lampu yang menghiasi jembatan cinta ini menjadi semakin indah dan menarik untuk di jadikan bahan foto dengan kekasih atau keluarga.

Jembatan cinta di pulau tidung ini memiliki panjang sekitar 800 meter, dan di bagian paling tinggi jembatan cinta memiliki ketinggian 8 meter dari permukaan air laut. Bahannya terbuat dari besi dan kayu. Dari atas jembatannya, kita dapat melihat lautan yang jernih den3sgan karang dan ikan-ikan. Tidak tahu darimana dan bagaimana awalnya tersiar kabar mitos cinta abadi disna.

Ternyata ada beberapa versi mitos yang berada di jembatan cinta ini. Yang pertama, siapa yang melakukan lompat dari atas jembatan cinta ini bersama pasangan nya, maka cinta mereka akan abadi selamanya. Dan versi lain nya, pasangan yang berjalan menyusuri jembatannya, maka cinta mereka pun akan abadi. Ehmmmm!!!

Nah bagaimana dengan wisatawan yang tidak memiliki pasangan alias JOMBOL?. Ternyata ada pula versi untuk para jomblo yaitu bagi para jomblo yang tidak memiliki pasangan dan mereka melompat dari atas jembatan cinta, dan disaat mereka terjun ke air, mereka harus sambil memikirkan calon pasangan yang mereka inginkan, maka menurut mitos keinginan mereka akan terkabul alias tidak jomblo lagi.

Walaupun ini hanya sekedar mitos belakan, tidak ada salah nya untuk mencoba terjun dari atas jembatan cinta untuk mengasah keberanian dan ardenalin kita. Dan untuk mitos nya sendiri pun itu kembali ke presepsi pribadi masing-masing. Tapi fakta nya yang paling mencolok adalah, banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau tidung untuk berliburan dan menikmati keindahan alam disana. Itu adalah fakta.

Bila Sobat RDV Travel ingin merasakan keseruan seperti di atas, bisa hubungi kami, RDV Travel Karawang. Di jamin kalian menemukan pengalaman yang berbeda dengan Paket Wisata Pulau Tidung yang lain.

Di RDV Travel Karawang pun menyediakan berbagai Paket Wisata atau Tour dan berbagai penawaran terbaik yang RDV Travel punya. Bila ada request Special Travel & Tour bisa kami bantu siapkan untuk memenuhi kebutuhan sobat RDV Travel Karawang.

" Paket Wisata Pulau Tidung by RDV - Travel "

Sabtu, 23 Maret 2019

AWAL NAMA PULAU TIDUNG

Hai sobat RDV-Travel….

Kali ini kita akan mengulas tentang sebuah nama pulau yang sudah tidak asing kita dengan, yupz apalagi kalau bukan “PULAU TIDUNG”.

Sebenernya RDV-Travel sudah pernah membuat artikel sebelumnya “Baca : Mengenal Sejarah Pulau Tidung”, tapi disini saya akan mencoba mengungkapkan secara detail tentang “Awal Nama Pulau Tidung”. Yah kali ini RDV akan mengulas semua tentang awal mula dari nama pulau tidung.

Ya tidak susah untuk menemukan atau mendengar nama sebuah pulau yang letak nya tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta. Pulau Tidung, yah pulau ini termaksud dalam wilayah kepulauan seribu. Untuk menuju kesana, kita hanya perlu melakukan perjalanan dengan speedboat atau kapal feri dari pelabuhan kali adem dengan durasi 2-3 jam perjalanan menuju pulau tidung.

Ternyata dari sebuah ketenaran Pulau Tidung ini, banyak yang tidak tahu akan asal-usul pulau tidung ini yang luasnya kurang lebih 109 hektar ini. Konon pada jaman penjajahan belanda di Indonesia, pulau tidung ini identik sebagai tempat pengasingan orang-orang yang pernah membangkang pada masa penjajahan belanda, atau sebagai tempat pembuangan bagi para pemberontak.

Kerjaan Kalimantan Timur Awal nama Pulau Tidung

Dahulu kala terdapat sebuah kerajaan di daerah Kalimantan Timur, yang dimana kerjaan tersebut di pimpin oleh seorang raja yang bernama Raja Pandita, nama kerajaan tersebut pernama Kerajaan Tidung. Kerajaan tersebut sudah ada sejak tahun 1076-1156. Pada saat itu kerajaan tersebut dikenal dengan sebagai kerjaan Tidung Kuno. Pada tahun 1557 inilah pertama kalinya pemerintahan Belanda datang ke Malinau. Dan pada saat itu Belanda mendapatkan perlawanan berat terutama dari kerajaan Tidung. Dimana pada saat itu kerjaaan tersebut melakukan perlawanan terhadap penjajahan belanda yang di pimpin langsung oleh sang raja Pandita. Tapi dalam peperangan tersebut raja Pandita mengalami kekalahan, dan di asingkan di pulau yang dahulu belum memiliki nama (Pulau Tidung).

Pada saat diasingkan di pulau tersebut, raja Pandita memilih menggunakan nama Kaca saat pengasingan di pulau tersebut, nama Kaca tersebut adalah nama panggilannya saat beliau masih kecil, sebelum di kenal sebagai Pandita. Selama pengasingan penduduk yang berada di pulau tersebut tidak mengetahui kalau Kaca adalah seorang raja yang kharismatik dan berwibawa. Kaca pun membaur dengan masyarakat pulau tersebut dan meninggalkan gelarnya sebagai seorang raja. Karena itu masyarakat setempat sama sekali tidak mengetahui identitas asli dari Kaca dan menganggapnya sebagai masyarakat biasa sampai akhir hayatnya.

Beberapa saat kemudian keluarga kerajaan Tidung datang mencari raja Pandita, dan pada saat itulah diketahui oleh warga tidung kalau Kaca adalah seorang raja terkenal dari Malinau. Dan karena ingin menghormati dan mengucapkan terima kasih atas jasa beliau, maka pulau kecil ini dinamakan sebagai Pulau Tidung hingga saat ini.

Dan hingga saat ini, makam dari raja Tidung tersebut masih terjaga kebersihannya di tengah pulau tidung. Masyarakat sekitar sangat bangga karena pulaunya menjadi bagian dari sejarah kerajaan besar yaitu kerajaan TIdung. Jika kita ingin melihat langsung makam dari seorang raja dari sebuah kerajaan yang mengharumkan bangsa Indonesia karena menenrang dan melakukan perlawanan kepada Belanda.

" Paket Wisata Pulau Tidung by RDV - Travel "

Minggu, 17 Maret 2019

MENGENAL SEJARAH PULAU TIDUNG

Hai Sobat RDV-Travel….

Kali ini kita akan membahas mengenai sejarah yang terdapat dii pulau tidung itu. Karena sepertinya tidak ada salahnya kalau kita mengetahui tentang Sejarah Tempat Wisata yang cukup terkena di wilayah Indonesia ini.

Yah siapa yang tidak kenal dengan pulau dengan sebutan Pulau Tidung, sebenarnya pulau tidung ini sudah di huni oleh penduduk walaupun tidak dalam jumlah yang banyak pada waktu 1800an. Dimana penduduk yang menghuni pulau tidung itu sendiri terdiri dari beberapa suku atau wilayah yang terdapat di Indonesia, di antaranya suku Bugis, Mandar, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sumatera, Sumbawa dan Banten bahkan ada dari beberapa keturunan Batavia.

Ada hal yang menarik tentang asal muasal nama Pulau Tidung ini, konon menurut cerita nama Pulau Tidung ini berasal dari nama salah satu kerajaan di Kalimantan Utara. Kisahnya berawal dari masa penjajahan kolonial Belanda, dimana pulau tidung ini dijadikan tempat pembuangan atau pengasingan oleh pemerintah kolonial belanda pada saat itu bagi para orang yang di anggap menyimpang atau sebagai pemberontak yang tidak setuju akan pemerintahan kolonial belanda. Dimana pada era akhir abad 19 pemerintahan kolonial Belanda telah mengasingkan beberapa orang dari Kalimantan, dan salah satunya kemudian di ketahui bernama Radja Pandita dan beliau adalah Raja dari Kerajaan Tidung, sebuah Kerajaan dari Kalimantan Utara. Tetapi akhirnya punah karena adanya politik adu domba oleh pihak Belanda.

Oya sobat RDV-Travel ada lagi tentang sejarah di pulau Tidung ini, konon beliau adalah orang pertama yang menginjakan kakinya di pulau tidung ini. Beliau adalah Panglima Hitam, bagi penduduk pulau tidung nama Panglima Hitam ini tidak asing bagi mereka, yang dimana di ceritakan bahwa panglima hitam ini berasal dari Cirebon Banten Jawa Barat dan di kenal sebagai Wa’Turup. Konon beliau dilahirkan pada masa jaman kerajaan Syarif Hidayatullah. Singkat cerita Panglima Hitam ini atau Wa’Turup yang berasal dari kerajaan Syarif Hidayatullah sedang melawan colonial Belanda pada saat itu, dan pasukan yang di pimping oleh Panglima Hitam ini kalah dalam perang melawan colonial Belanda dan akhirnya melarikan diri. Dan pada saat itulah Wa’Turup dan beberapa prajurit lainnya melarikan diri kepulau tidung untuk mencari perlindungan dari serangan tentara belanda. Hingga pada akhirnya Panglima Hitam dan beberapa sahabatnya memutuskan untuk tinggal di Pulau Tidung Besar dan di jadikan sebagai tempat tinggal mereka hingga sampai akhir hayat mereka. Dan sekarang ini makam Panglima Hitam ini sering di jadikan sebagai salah satu destinasi yang suka di kunjungi oleh para wisatawan untuk mengenal sejarah yang ada di dalam pulau tidung ini.

Selasa, 12 Maret 2019

Tempat Wisata Yang Wajib Kunjungi di Pulau Tidung

Hai sobat RDV Travel....

Kali ini RDV Travel akan sedikit mengulas tentang destination wisata yang berada di daerah Kepulauan Seribu, atau lebih tepatnya dalah di daerah Pulau Tidung.

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang pulau tidung ini, dimana letak pulau tidung itu berjarak 32 mil dari jakarta, dengan jarak tempuh 2,5 jam perjalan dari muara angker dengan menggunakan kapal feri tradisional. Dan sekitar 1 jam perjalan dengan menggunkan kapal speedboat dari dermaga Marina Ancol.

Pulau tidung itu sendiri sebenarnya masih masuk kedalam wilayah adminitrasi Jakarta, tepat nya masuk Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kelurahan Pulau Tidung. Dengan luas wilayah 109 ha dan jumlah penduduk ± 5000 jiwa.

Di pulau tidung pun kita bisa menemukan beberapa pulau yang ada di dekatnya, antara lain.

1. Pulau Tidung Besar
2. Pulau Tidung Kecil
3. Pulau Karang Besar
4. Pulau Laki
5. Pulau Payung Besar
6. Pulau Payung Kecil

Dimana Pulau tidung besar adalah salah satu pulau yang sangat populer yang terdapat di jajaran kepulauan seribu, maka dari itu pulau tidung tidak pernah sepi dari wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun manca negara yang ingin menghabiskan masa waktu liburannya di kepulauan seribu.

Oke langsung saja kita bahas tentang wisata yang ada di Pulau Tidung.

Sesuai dengan informasi yang saya sampaikan di atas, ternyata banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi selama berada di Pulau Tidung itu sendiri

Sebenarnya jembatan cinta itu adalah sebuah jembatan yang menghungkan antara pulau tidung besar dengan pulau tidung kecil. Tapi jembatan ini malah menjadi salah satu icon dari Pulau Tidung ini, dimana di jembatan cinta ini banyak sekali para wisatawan yang berkunjung kesini. Entah itu berfoto ria bersama keluarga atau pasangannya, bahkan ada yang sengaja melompat dari atas jembatan ke lautan. Dan di saat pagi atau sore hari pun banyak wisatawan yang berdatangan untuk mengabadikan proses dimana matahari terbit dan terbenam. Bahkan kalau kalian berkunjung di acara liburan tertentu, disana atau letaknya di jembatan cinta pasti akan ada suguhan atau acara yang akan dilakukan. Ambil contoh di tahun baru, dimana saat pergantian tahun di pulau tidung dan tepat nya di jembatan cinta, akan terdapat acara kembang api yang cukup mempesona dan memanjakan mata kita.

2. Pantai Saung Perawan

Di pantai saung perawan biasanya para pengunjung biasa menghabiskan waktu liburnya dengan melakukan aktifitas seperti bermain air laut, berenang, bermain pasir pantai, atau hanya sekedar berfoto ria. Karena di pantai saung perawan pun menyuguhkan juga permainan air seperti : jet ski, sofa boat, donut boat, banana boat, serta kano. Dan bagi pengunjung yang hanya melihatpun tak perlu khawatir kepanasan, karena disana juga ada pepohonan rimbun yang bisa digunakan untuk berteduh dari teriknya matahari. Dan disana pun banyak terdapat warung-warung tempat para pengunjung untuk sekedar jajan atau makan.

Nah yang satu ini juga tidak boleh untuk di lewatkan bagi pengunjung yang datang ke pulau tidung. Karena di pantai cemara kasih para penduduk lokal sudah menyediakan spot-spot foto yang menarik dan instagenic baget untuk anda yang berkunjung kesana. Sebagai contoh anda bisa mengambil foto dengan berlatarkan lautan di ayunan yang di kaitkan pada batang pohon, dan spot menarik lainnya.

4. Konservasi Penyu Sisik

Nah siapa sih yang tidak tau kalau negara kita ini adalah negara kepulauan, yang dimana terdapat banyak gugusan pulau di dalamnya. Dan tidak di pungkirin juga, banyak aneka stawa yang beragam di negara kita. Nah di pulau tidung ini atau lebih tepat terdapat di pulau tidung kecil terdapat konservasi penyu sisik. Penyu sisik ini adalah salah satu fauna yang di lindungi oleh pemerintah, dan di adakannya area konservasi penyu sisik ini bertujuan untuk mengantisipasi kepunahan terhadap hewan yang eksotis tersebut. Disini anda bisa menyasikan dari dekat bagaimana hewan tersebut di kembangbiakkan untuk kemudian di lepas liarkan.

Pulau Tidung sebenarnya terbagi menjadi 2 bagian, yaitu pulau tidung besar dan pulau tidung kecil. Pulau tidung kecil adalah bagian yang menjadi lahan konservasi dengan di galangkannya penanaman bibit mangrove. Pulau mungil ini tidak berpenghuni namun kerap dijadikan tempat untuk berkemah bagi para wisatawan yang ingin mendapatkan sensasi tersendiri selama liburan di pulau tidung. Selain itu kita dapat berkunjung untuk menelusuri jejak sejarah di tempat tersebut, dengan mengunjungi makam Panglima Hitam, beliau adalah pahlawan banten yang menentang dan melakukan perlawanan terhadap penjajahan belanda pada masa itu.

6. Museum Kerangka Paus

Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan paus, apalagi yang berada di dalam museum ini adalah jenis paus Sperm Whale yang memiliki panjang 13 meter dan berat 8 ton. Singkat cerita kenapa kok bisa ada museum kerangka paus di pulau tidung kecil. Jadi pada tahun 2012 tepat nya di area pantai tanjung pakis kab karawang, terdapat ikan paus yang terdampar disana. Dan pada waktu itu warga sekitar dan departemen terkait melakukan evakuasi terhadap paus tersebut. Tapi amat disayangkan pada saat posisi paus berhasil di kembalikan ke laut, ternyata paus tersebut kondisinya sudah melemah, dan paus sperma tersebut kembali terdampar di kepulauan seribu dan mati disana. Nah dari situ lah mungkin timbul ide dan gagasan untuk di buatkannya museum kerangka paus sebagai media edukasi bagi wisatawan dan penduduk lokal.

7. Pulau Payung

Sebenarnya pulau ini bukan bagian dari kawasan Pulau Tidung, namun karena berdekatan dengan pulau tidung, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pulau payung ini. Dimana pulau ini juga termaksud pulau yang tidak berpenghuni, dan pulau ini cocok sebagai lokasi berkemah untuk merasakan sensasi berlibur di pulau pribadi. Dan di beberapa bagian di pulau payung ini pun merupakan spot snorkeling yang cukup indah juga.

8. Taman Nasional Bawah Laut

Yupz untuk yang satu ini jangan sampai terlewatkan loh. Karena salah satu daya tarik pulau tidung itu ada di area bawah lautnya. Dimana kalau kalian liburan ke pulau tidung ini, pastikan anda tidak melewatkan dan menikmati pengalaman melihat pemandangan bawah laut yang indah. Dimana kawasan ini juga merupakan lokasi konservasi, sehingga pengunjung pun diharpkan berhati-hati saat melakukan kegiatan snorkeling ataupun diving, agar tidak sampai merusak terumbu karang yang berada disana.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa di kunjungi selama di Pulau Tidung, dan jika sobat RDV-Travel ingin ke Pulau Tidung, kita harus menginap disana untuk bisa menikmati alam atau wisata yang berada di Pulau Tidung, dan untuk kesana dan menikmati pengalaman yang menyenangkan dan berbeda saya pikir 1 malam disana sangat kurang, karena banyak spot yang bisa kita kunjungi berarti banyak waktu yang akan kita pakai untuk bisa datang kesana, belum lagi perjalanan yang memakan waktu lumayan lama untuk bisa ke Pulau Tidung dari Pelabuhan Kali Adem ke Pulau Tidung bisa memakan waktu 3 jam perjalanan dengan menggunakan Kapal Feri yang berada disana.

Paket Wisata Pulau Tidung by RDV - Travel "

Sabtu, 26 Januari 2019

TRAVEL PT CHANG SHIN INDONESIA KE PULAU TIDUNG

KEGIATAN PT CHANG SHIN INDONESIA DI PULAU TIDUNG

Haiii Sobat RDV Travel Karawang……

Kali ini saya akan mengulas tentang acara Family Gathering yang di lakukan oleh salah satu perusahaan di daerah Karawang Timur bersama dengan RDV Travel Karawang.

Perusahaan ini bergerak di bidang manufacture sepatu yang bermerek NIKE, yupz siapa yang tidak kenal dengan perusahaan ini, PT Chang Shin Indonesia nama perusahaan nya. Tepat nya dibulan Desember lalu salah satu departemen di PT Chang Shin Indonesia ini melakukan travel ke Pulau Tidung selama 2 hari 1 malam bersama RDV Travel Karawang.

Berikut adalah keseruan Rombongan PT Chang Shin Indonesia selama berada di Pulau Tidung bersama RDV Travel Karawang.

Hari Pertama

Hari kedua

Kurang lebih begitulah keseruan dari kegiatan PT Chang Shin Indonesia bersama RDV Travel Karawng di Pulau Tidung selama 2 hari 1 malam.