Selasa, 12 Maret 2019

Tempat Wisata Yang Wajib Kunjungi di Pulau Tidung


Hai sobat RDV Travel....


Kali ini RDV Travel akan sedikit mengulas tentang destination wisata yang berada di daerah Kepulauan Seribu, atau lebih tepatnya dalah di daerah Pulau Tidung.

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang pulau tidung ini, dimana letak pulau tidung itu berjarak 32 mil dari jakarta, dengan jarak tempuh 2,5 jam perjalan dari muara angker dengan menggunakan kapal feri tradisional. Dan sekitar 1 jam perjalan dengan menggunkan kapal speedboat dari dermaga Marina Ancol. 

Pulau tidung itu sendiri sebenarnya masih masuk kedalam wilayah adminitrasi Jakarta, tepat nya masuk Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kelurahan Pulau Tidung. Dengan luas wilayah 109 ha dan jumlah penduduk ± 5000 jiwa.

Di pulau tidung pun kita bisa menemukan beberapa pulau yang ada di dekatnya, antara lain.

1. Pulau Tidung Besar
2. Pulau Tidung Kecil
3. Pulau Karang Besar
4. Pulau Laki
5. Pulau Payung Besar
6. Pulau Payung Kecil

Dimana Pulau tidung besar adalah salah satu pulau yang sangat populer yang terdapat di jajaran kepulauan seribu, maka dari itu pulau tidung tidak pernah sepi dari wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun manca negara yang ingin menghabiskan masa waktu liburannya di kepulauan seribu.

Oke langsung saja kita bahas tentang wisata yang ada di Pulau Tidung.

Sesuai dengan informasi yang saya sampaikan di atas, ternyata banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi selama berada di Pulau Tidung itu sendiri




Sebenarnya jembatan cinta itu adalah sebuah jembatan yang menghungkan antara pulau tidung besar dengan pulau tidung kecil. Tapi jembatan ini malah menjadi salah satu icon dari Pulau Tidung ini, dimana di jembatan cinta ini banyak sekali para wisatawan yang berkunjung kesini. Entah itu berfoto ria bersama keluarga atau pasangannya, bahkan ada yang sengaja melompat dari atas jembatan ke lautan. Dan di saat pagi atau sore hari pun banyak wisatawan yang berdatangan untuk mengabadikan proses dimana matahari terbit dan terbenam. Bahkan kalau kalian berkunjung di acara liburan tertentu, disana atau letaknya di jembatan cinta pasti akan ada suguhan atau acara yang akan dilakukan. Ambil contoh di tahun baru, dimana saat pergantian tahun di pulau tidung dan tepat nya di jembatan cinta, akan terdapat acara kembang api yang cukup mempesona dan memanjakan mata kita.

2. Pantai Saung Perawan


Di pantai saung perawan biasanya para pengunjung biasa menghabiskan waktu liburnya dengan melakukan aktifitas seperti bermain air laut, berenang, bermain pasir pantai, atau hanya sekedar berfoto ria. Karena di pantai saung perawan pun menyuguhkan juga permainan air seperti : jet ski, sofa boat, donut boat, banana boat, serta kano. Dan bagi pengunjung yang hanya melihatpun tak perlu khawatir kepanasan, karena disana juga ada pepohonan rimbun yang bisa digunakan untuk berteduh dari teriknya matahari. Dan disana pun banyak terdapat warung-warung tempat para pengunjung untuk sekedar jajan atau makan.


Nah yang satu ini juga tidak boleh untuk di lewatkan bagi pengunjung yang datang ke pulau tidung. Karena di pantai cemara kasih para penduduk lokal sudah menyediakan spot-spot foto yang menarik dan instagenic baget untuk anda yang berkunjung kesana. Sebagai contoh anda bisa mengambil foto dengan berlatarkan lautan di ayunan yang di kaitkan pada batang pohon, dan spot menarik lainnya.

4. Konservasi Penyu Sisik


Nah siapa sih yang tidak tau kalau negara kita ini adalah negara kepulauan, yang dimana terdapat banyak gugusan pulau di dalamnya. Dan tidak di pungkirin juga, banyak aneka stawa yang beragam di negara kita. Nah di pulau tidung ini atau lebih tepat terdapat di pulau tidung kecil terdapat konservasi penyu sisik. Penyu sisik ini adalah salah satu fauna yang di lindungi oleh pemerintah, dan di adakannya area konservasi penyu sisik ini bertujuan untuk mengantisipasi kepunahan terhadap hewan yang eksotis tersebut. Disini anda bisa menyasikan dari dekat bagaimana hewan tersebut di kembangbiakkan untuk kemudian di lepas liarkan.


Pulau Tidung sebenarnya terbagi menjadi 2 bagian, yaitu pulau tidung besar dan pulau tidung kecil. Pulau tidung kecil adalah bagian yang menjadi lahan konservasi dengan di galangkannya penanaman bibit mangrove. Pulau mungil ini tidak berpenghuni namun kerap dijadikan tempat untuk berkemah bagi para wisatawan yang ingin mendapatkan sensasi tersendiri selama liburan di pulau tidung. Selain itu kita dapat berkunjung untuk menelusuri jejak sejarah di tempat tersebut, dengan mengunjungi makam Panglima Hitam, beliau adalah pahlawan banten yang menentang dan melakukan perlawanan terhadap penjajahan belanda pada masa itu.

6. Museum Kerangka Paus


Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan paus, apalagi yang berada di dalam museum ini adalah jenis paus Sperm Whale yang memiliki panjang 13 meter dan berat 8 ton. Singkat cerita kenapa kok bisa ada museum kerangka paus di pulau tidung kecil. Jadi pada tahun 2012 tepat nya di area pantai tanjung pakis kab karawang, terdapat ikan paus yang terdampar disana. Dan pada waktu itu warga sekitar dan departemen terkait melakukan evakuasi terhadap paus tersebut. Tapi amat disayangkan pada saat posisi paus berhasil di kembalikan ke laut, ternyata paus tersebut kondisinya sudah melemah, dan paus sperma tersebut kembali terdampar di kepulauan seribu dan mati disana. Nah dari situ lah mungkin timbul ide dan gagasan untuk di buatkannya museum kerangka paus sebagai media edukasi bagi wisatawan dan penduduk lokal.

7. Pulau Payung

Sebenarnya pulau ini bukan bagian dari kawasan Pulau Tidung, namun karena berdekatan dengan pulau tidung, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pulau payung ini. Dimana pulau ini juga termaksud pulau yang tidak berpenghuni, dan pulau ini cocok sebagai lokasi berkemah untuk merasakan sensasi berlibur di pulau pribadi. Dan di beberapa bagian di pulau payung ini pun merupakan spot snorkeling yang cukup indah juga.

8. Taman Nasional Bawah Laut


Yupz untuk yang satu ini jangan sampai terlewatkan loh. Karena salah satu daya tarik pulau tidung itu ada di area bawah lautnya. Dimana kalau kalian liburan ke pulau tidung ini, pastikan anda tidak melewatkan dan menikmati pengalaman melihat pemandangan bawah laut yang indah. Dimana kawasan ini juga merupakan lokasi konservasi, sehingga pengunjung pun diharpkan berhati-hati saat melakukan kegiatan snorkeling ataupun diving, agar tidak sampai merusak terumbu karang yang berada disana.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa di kunjungi selama di Pulau Tidung, dan jika sobat RDV-Travel ingin ke Pulau Tidung, kita harus menginap disana untuk bisa menikmati alam atau wisata yang berada di Pulau Tidung, dan untuk kesana dan menikmati pengalaman yang menyenangkan dan berbeda saya pikir 1 malam disana sangat kurang, karena banyak spot yang bisa kita kunjungi berarti banyak waktu yang akan kita pakai untuk bisa datang kesana, belum lagi perjalanan yang memakan waktu lumayan lama untuk bisa ke Pulau Tidung dari Pelabuhan Kali Adem ke Pulau Tidung bisa memakan waktu 3 jam perjalanan dengan menggunakan Kapal Feri yang berada disana.

Bila Sobat RDV Travel ingin merasakan keseruan seperti di atas, bisa hubungi kami, RDV Travel Karawang. Di jamin kalian menemukan pengalaman yang berbeda dengan Paket Wisata Pulau Tidung yang lain.

Di RDV Travel Karawang pun menyediakan berbagai Paket Wisata atau Tour dan berbagai penawaran terbaik yang RDV Travel punya. Bila ada request Special Travel & Tour bisa kami bantu siapkan untuk memenuhi kebutuhan sobat RDV Travel Karawang.

Paket Wisata Pulau Tidung by RDV - Travel "


Sampai Jumpa di Artikel Selanjut nya


Best Regard

RDV Travel Karawang 


Kapan Lagi Bisa Merasakan Pengalaman Berbeda dan Seru Selama di Pulau Tidung


Cara pemesanan :
Hotline : 081386112415
Whatsapp : 082111338987
Email :
rdvtravel12@gmail.com
riz_q_ok@yahoo.com



2 komentar:

  1. Salam kenal dari Jawa Timur "Zaini Transport". (Layanan Transportasi)

    BalasHapus