Minggu, 17 Maret 2019

MENGENAL SEJARAH PULAU TIDUNG



Hai Sobat RDV-Travel….

Kali ini kita akan membahas mengenai sejarah yang terdapat dii pulau tidung itu. Karena sepertinya tidak ada salahnya kalau kita mengetahui tentang Sejarah Tempat Wisata yang cukup terkena di wilayah Indonesia ini.


Yah siapa yang tidak kenal dengan pulau dengan sebutan Pulau Tidung, sebenarnya pulau tidung ini sudah di huni oleh penduduk walaupun tidak dalam jumlah yang banyak pada waktu 1800an. Dimana penduduk yang menghuni pulau tidung itu sendiri terdiri dari beberapa suku atau wilayah yang terdapat di Indonesia, di antaranya suku Bugis, Mandar, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sumatera, Sumbawa dan Banten bahkan ada dari beberapa keturunan Batavia.


Ada hal yang menarik tentang asal muasal nama Pulau Tidung ini, konon menurut cerita nama Pulau Tidung ini berasal dari nama salah satu kerajaan di Kalimantan Utara. Kisahnya berawal dari masa penjajahan kolonial Belanda, dimana pulau tidung ini dijadikan tempat pembuangan atau pengasingan oleh pemerintah kolonial belanda pada saat itu bagi para orang yang di anggap menyimpang atau sebagai pemberontak yang tidak setuju akan pemerintahan kolonial belanda. Dimana pada era akhir abad 19 pemerintahan kolonial Belanda telah mengasingkan beberapa orang dari Kalimantan, dan salah satunya kemudian di ketahui bernama Radja Pandita dan beliau adalah Raja dari Kerajaan Tidung, sebuah Kerajaan dari Kalimantan Utara. Tetapi akhirnya punah karena adanya politik adu domba oleh pihak Belanda.


Oya sobat RDV-Travel ada lagi tentang sejarah di pulau Tidung ini, konon beliau adalah orang pertama yang menginjakan kakinya di pulau tidung ini. Beliau adalah Panglima Hitam, bagi penduduk pulau tidung nama Panglima Hitam ini tidak asing bagi mereka, yang dimana di ceritakan bahwa panglima hitam ini berasal dari Cirebon Banten Jawa Barat dan di kenal sebagai Wa’Turup. Konon beliau dilahirkan pada masa jaman kerajaan Syarif Hidayatullah. Singkat cerita Panglima Hitam ini atau Wa’Turup yang berasal dari kerajaan Syarif Hidayatullah sedang melawan colonial Belanda pada saat itu, dan pasukan yang di pimping oleh Panglima Hitam ini kalah dalam perang melawan colonial Belanda dan akhirnya melarikan diri. Dan pada saat itulah Wa’Turup dan beberapa prajurit lainnya melarikan diri kepulau tidung untuk mencari perlindungan dari serangan tentara belanda. Hingga pada akhirnya Panglima Hitam dan beberapa sahabatnya memutuskan untuk tinggal di Pulau Tidung Besar dan di jadikan sebagai tempat tinggal mereka hingga sampai akhir hayat mereka. Dan sekarang ini makam Panglima Hitam ini sering di jadikan sebagai salah satu destinasi yang suka di kunjungi oleh para wisatawan untuk mengenal sejarah yang ada di dalam pulau tidung ini.

Bila Sobat RDV Travel ingin merasakan keseruan seperti di atas, bisa hubungi kami, RDV Travel Karawang. Di jamin kalian menemukan pengalaman yang berbeda dengan Paket Wisata Pulau Tidung yang lain.


Di RDV Travel Karawang pun menyediakan berbagai Paket Wisata atau Tour dan berbagai penawaran terbaik yang RDV Travel punya. Bila ada request Special Travel & Tour bisa kami bantu siapkan untuk memenuhi kebutuhan sobat RDV Travel Karawang.



Sampai Jumpa di Artikel Selanjut nya

Best Regard

RDV Travel Karawang 


Cara pemesanan :
Hotline : 081386112415
Whatsapp : 082111338987
Email :
rdvtravel12@gmail.com
riz_q_ok@yahoo.com

Artikel Terkiat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar